Friday, October 15, 2021

SpongeBob Gets His Own Island Named After Him in the Simeulue Regency District of Indonesia

During the intro of Nickelodeon's beloved animated series SpongeBob SquarePants, viewers see a desert island adorned with palm trees, just before the camera splashes down beneath the waves to Bikini Bottom. It's an iconic image that is featured in nearly every episode, and widely believed to to based on Bikini Atoll, a real island that's part of the Marshall Islands in the Pacific Ocean. However, SpongeBob has now got himself his very own island in the Indian Ocean!


The government of Simeulue Regency, a regency in the Aceh special region of Indonesia, has announced that it will be naming an island after the world-renowned sea sponge!

The newly christened SpongeBob Island is a island formed by rocks. The distance is approximately two hours drive from downtown Sinabang, the capital of Simeulue Regency.

The island is also called the island of Anudaiyan Balong and is known by the local community as a resting place for storks - which is fitting, as when SpongeBob, Patrick, Sandy, Squidward and Mr. Krabs go above aground, they're attacked by seagulls. The environment is still very natural and not many tourist facilities have been developed. But there are enough local tourists who know and visit it.

"The condition is still natural, no special facilities have been built. This island is visited a lot, especially during holidays. The island is not far from the beach and near the road," said village head Bunon Alinur.

Prior to the Covid-19 pandemic, the island would have built a number of supporting facilities, but the plan failed. "If the Covid-19 outbreak ends, we will try to rebuild the island's tourist facilities in the hope of becoming a mainstay destination in Simeulue Regency," said Alinur.

From Tempo:

Melihat Pulau Spongebob di Simeulue Aceh yang Jadi Tempat Istirahat Bangau

TEMPO.CO, Jakarta - Dalam serial animasi Nickelodeon Spongebob Squarepants, penonton bisa melihat sebuah pulau yang ditumbuhi pohon kelapa dan berada di atas Bikini Bottom. Pulau seperti itu ternyata ada di Kabupaten Simeulue Aceh.

Pemerintah Kabupaten Simeulue pun akan menjadikan Pulau Spongebob itu sebagai salah satu andalan wisata di kabupaten kepulauan yang berada di Samudera Hindia tersebut. "Pulau ini berada Desa Bunon, Kecamatan Teupah Barat, Kabupaten Simeulue, Aceh. Kini, pulau ini menjadi destinasi favorit wisatawan yang berkunjung ke Simeulue," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Simeulue Asmanuddin, Kamis, 14 Oktober 2021.

Pulau Spongebob merupakan pulau yang dibentuk oleh batu karang. Jaraknya kurang lebih dua jam perjalanan dari pusat kota Sinabang, ibu kota Kabupaten Simeulue.

Pulau itu disebut juga pulau Anudaiyan Balong atau tempat beristirahat bangau oleh masyarakat setempat. Lingkungannya masih sangat alami dan belum banyak pembangunan fasilitas wisata. Namun sudah cukup banyak wisatawan lokal yang mengenal dan mengunjunginya.

"Kondisinya masih alami, belum ada fasilitas khusus yang dibangun. Pulau ini banyak dikunjungi, terutama saat hari libur. Pulau tersebut tidak jauh dari bibir pantai dan dekat jalan," kata Kepala Desa Bunon Alinur.

Sebelum pandemi Covid-19, kata Alinur, pulau itu akan dibangun sejumlah fasilitas pendukung, namun rencana tersebut gagal. "Jika nanti wabah Covid-19 berakhir, kami upayakan kembali pembangunan fasilitas wisata pulau tersebut dengan harapan menjadi destinasi andalan di Kabupaten Simeulue," kata Alinur.

###


Pulau SpongeBob di Simeulue, Sepetak 'Bikini Bottom' di Aceh

Jakarta, CNN Indonesia -- Sudah menjadi rahasia umum kalau SpongeBob SquarePants dan kawan-kawannya menghuni Bikini Bottom. Dan di Indonesia, pemukiman yang mungkin terlihat sama ada di Kabupaten Simeulue, Aceh.

Tersebutlah Pulau SpongeBob di sana. Sepetak pulau ini berada di perairan Samudera Hindia, tepatnya di tepi Pantai Angkeo.

Pulau Spongebob di Aceh ini bernama Pulau Anudaiyan Balong, atau pulau tempat beristirahat kawanan burung bangau seperti yang dikenal masyarakat setempat.

Terbentuk dari batu karang, pulau ini ditumbuhi beberapa pohon kelapa. Jika air laut sedang surut, wisatawan bisa jalan kaki menuju pulau itu.

Pulau SpongeBob berlokasi kurang lebih dua jam perjalanan dari pusat kota Sinabang, ibu kota Kabupaten Simeulue.

"Pulau ini berada Desa Bunon, Kecamatan Teupah Barat, Kabupaten Simeulue, Aceh. Kini, pulau ini menjadi destinasi favorit wisatawan yang berkunjung ke Simeulue," Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Simeulue Asmanuddin, mengutip ANTARA pada Jumat (15/10),




Asmanuddin lanjut mengatakan, Pulau Spongebob itu akan dimasukkan dalam rencana induk pengembangan pariwisata daerah Kabupaten Simeulue.

"Selain pulau tersebut, kami juga mengembangkan objek wisata lainnya, sehingga nanti Pulau Simeulue menjadi destinasi pariwisata di Provinsi Aceh," lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Desa Bunon Alinur mengatakan objek wisata Pulau Spongebob dikenal masyarakat sebagai tempat peristirahatan kawanan burung bangau.

"Kondisinya masih alami, belum ada fasilitas khusus yang dibangun. Pulau ini banyak dikunjungi, terutama saat hari libur. Pulau tersebut tidak jauh dari bibir pantai dan dekat jalan," kata Alinur.

Ombak di sekitar Pulau Spongebob terbilang cukup menantang, sehingga potensial dijadikan destinasi wisata surfing.

Sebelum pandemi Covid-19, kata Alinur, di Pulau SpongeBob akan dibangun sejumlah fasilitas pendukung wisata.

Namun, rencana tersebut gagal karena berlakunya aturan PPKM yang menyurutkan kedatangan wisatawan.

"Jika nanti pandemi virus Corona berakhir, kami upayakan kembali pembangunan fasilitas wisata pulau tersebut dengan harapan menjadi destinasi andalan di Kabupaten Simeulue," pungkasnya.

###

From kumparan:

Pulau Spongebob Ini Jadi Andalan Wisata di Simeuleu, Aceh

Sebagai negara kepulauan, Indonesia tentunya memiliki banyak pulau yang bisa dikunjungi untuk menjadi destinasi wisata para turis. Salah satunya pulau yang berada di Aceh ini.

Pulau Spongebob berada di Desa Bunon, Kecamatan Teupah Barat, Kabupaten Simeulue, Aceh, bisa kalian kunjungi dengan menempuh 2 jam perjalanan dari pusat Kota Sinabang.

Dilansir Antara, Pulau Spongebob masuk ke dalam rencana induk pengembangan pariwisata daerah Simeuleu, Aceh, dan akan dikelola dengan baik, karena pulau itu jadi wisata andalan dan tempat favorit ketika para wisatawan saat berkunjung ke Simeuleu.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Simeuleu, Asmanuddin, mengungkapkan bukan hanya pulau tersebut yang dikembangkan. Tetapi juga objek wisata lainnya, sehingga Pulau Simeuleu bisa jadi destinasi wisata di Provinsi Aceh.

Pulau Spongebob ini dikenal oleh masyarakat dengan nama Anudaiyan Balong atau tempat beristirahat bangau.

"Kondisinya masih alami, belum ada fasilitas umum yang dibangun, banyak wisatawan yang berkunjung khususnya di hari libur," kata kepala Desa Bunon, Alinur.

Menurut Kepala Desa Bunon itu, pulau ini mirip dengan pulau yang ada di serial animasi Spongebob Squarepants.

Alinur pun menambahkan kalau pembangunan fasilitas akan diupayakan, dengan harapan Pulau Spongebob menjadi wisata andalan di Simeuleu.

###


Additional source: Utusan Digital.

Follow NickALive! on Twitter, RedditInstagramFacebookGoogle NewsTumblrvia RSS and more for the latest Nickelodeon and SpongeBob SquarePants News and Highlights!

No comments:

Post a Comment

Have your say by leaving a comment below! NickALive! welcomes friendly and respectful comments. Please familiarize with the blog's Comment Policy before commenting. All new comments are moderated and won't appear straight away.